Trik Membeli Laptop Bekas | NetPC Gue

Trik Membeli Laptop Bekas

Laptop sudah tidak barang mewah lagi diera bisnis laptop sudah menjadi barang kebutuhan selain membantu banyak hal laptop juga praktis untuk dibawa kemana dan flexibel, entah itu kalangan bisnis sampai belajar, disini kita akan membahas bagaimana membeli sebuah laptop bekas, ada beberapa tips dan cara mudah yang bisa anda praktekkan sebelum membeli laptop bekas tersebut :

Membeli Laptop Bekas

1. Fisik Laptop
Perhatikan apakah ada goresan pada casing laptop. Semakin banyak dan besar goresan yang ada, maka semakin besar kemungkinan laptop tersebut tidak terawat  bahkan mungkin juga pernah mengalami kerusakan serius.

2. Baut
Jika lubang dan bentuk baut kurang mulus, berarti laptop sering dibongkar pasang. Jika sering dibongkar pasang, bisa jadi laptop tersebut sering rusak dan diservis.

3. Baterai dan Kabel Listrik (Power).
Pastikan bahwa kabel listrik masih bagus dan tidak terkelupas. Untuk lebih pastinya, coba nyalakan laptop dan ubah-ubah posisi kabel, apakah tetap menyala atau akan mati setelah beberapa saat karena panas (memuai). Untuk Baterai, check apakah masih bagus atau tidak. Bila sudah tidak bagus, pertimbangkan untuk membeli baterai laptop baru.

4. LCD
Lihat tampilan layar, pastikan tidak ada pixel yang rusak atau warnanya mulai memudar. anda harus ekstra hati-hati, karena bisa jadi LCD tersebut merupakan komponen termahal dari laptop yang akan anda beli.

5. Keyboard, touchpad, trackball
Pastikan keyboard, touchpad, trackball ataupun perangkat input lainnya yang ada di laptop masih berfungsi dengan baik. Caranya mengujinya mudah, coba tekan semua tombol keyboard satu persatu. Demikian pula untuk touchpad ataupun trackball, coba gunakan untuk memindahkan dan klik kursor mouse ke segala arah.

6. DVD atau CD Drive
Bila ada DVD atau CD drive pada laptop, pastikan CD/DVD drive tersebut masih bagus dengan cara mencoba membaca file dari CD / DVD. Coba putar film langsung dari CD/DVD, bisa dengan cara melompat-lompat (forward), tetapi yang paling penting coba bagian akhir dari film. Bila CDRW/DVDRW (writeable), coba uji burn satu buah CD.

7. Processor dan Memory
Check processor dan memory laptop. Caranya cukup mudah, bisa lewat BIOS atau via windows Bahkan jika perlu menggunakan software CPU-ID karena dengan software ini kita bisa mengetahui dari processor sampai memory.

8. Garansi
Tanyakan pada penjual tentang garansi laptop. Jika masih ada, minta sekalian dengan kartu garansinya. Garansi akan memberikan nilai tambah tersendiri.

9. Aksesories dan Perlengkapan Asli
Tanyakan pada penjual mengenai aksesories dan perlengkapan yang asli dari laptop. Setidaknya mengenai Buku manual dan CD Driver untuk laptop.

10. Run Test
Nyalakan laptop dan coba running program / software yang ada. Setidaknya untuk melihat kinerja laptop secara singkat dengan cara menjalankan secara bersamaan program-program desain grafis, games atau software lainnya yang membutuhkan memory yang cukup besar. Perhatikan dengan seksama kinerja komputer tersebut.

11. Merk Laptop
Merk laptop bukan jaminan bahwa laptop bekas tersebut masih bagus, tetapi laptop bermerk terkenal kualitasnya secara umum tentu di atas laptop merek tidak terkenal. Selain itu bila terjadi kerusakan, suku cadang dan tempat servis laptop bermerk tentu akan lebih mudah ditemukan.

12. Harga
Jangan terlalu percaya dengan harga yang murah. Jika bukan karena penjualnya sangat butuh uang (mendesak), bisa jadi laptop tersebut ada kerusakan atau mungkin barang curian. Jika anda membeli jauh dibawah harga pasar, bisa jadi anda akan disebut penadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar