Setting Jaringan Komputer Manual Windows XP | NetPC Gue

Setting Jaringan Komputer Manual Windows XP

Jika Anda ingin menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan komputer, maka selain menyiapkan perangkat keras jaringan komputer, Anda juga harus melakukan setting jaringan di sistem komputer Anda. Jadi, setelah perangkat keras tersedia dan dirangkai, langkah selanjutnya adalah memberikan alamat Internet Protocol Address (IP Address) pada komputer. Alamat IP diperlukan agar komputer bisa saling mengenal.

Sistem operasi yang digunakan harus mendukung protokol yang digunakan untuk koneksi antar jaringan. Protokol yang lazim digunakan adalah TCP/IP.
Jika menggunakan sistem operasi Windows, berikut adalah langkah-langkah memasang alamat IP : Contoh kita mau Memasukan IP : 192.168.1.10
  1. Klik Start > Control Panel > Network Connections.
  2. 
  3. Klik kanan pada menu Local Area Connection dan pilih menu Properties.
  4. 
    Setting Network Connections
    
  5. Pada tab General, klik menu Internet Protocol (TCP/IP) dan klik Properties.
  6. 
    LAN Properties
    
  7. Tuliskan alamat IP (IP Address) yang dikehendaki, misalnya diisi 192.168.1.10 dengan Subnet mask 255.255.255.0. Perlu diperhatikan, bahwa masing-masing komputer harus memiliki alamat IP yang berbeda.
  8. 
    Pengisian Alamat IP (IP Address)
    
  9. Setelah semuanya di isi Klik OK dan Kembali Ke dekstop
  10. Masuk ke RUN -> ketik CMD OK dan ketik perintah  Ping 192.168.1.10. {enter}
  11. Maka akan Muncul balesan reply from 192.168.1.10 itu tanda berhasil sekarang komputer tersebut sudah berada dalam jaringan dan siap digunakan.
  12. Semoga Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar